Penyusunan Dokumen Rencana Kontigensi Gempa Bumi dan Tsunami Parigi Moutong Masuki Tahap Final

Penyusunan Dokumen Rencana Kontigensi Gempa Bumi dan Tsunami Parigi Moutong Masuki Tahap Final
FOTO : Workshop pembahasan draf final Dokumen Rencana Kontigensi Gempa Bumi dan Tsunami Parigi Moutong (S.T.V)

Parigi Moutong, Saurus Trans Inovasi – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menggelar workshop Pembahasan Draf Final Rencana Kontigensi Gempa Bumi dan Tsunami Kabupaten Parigi Moutong, Selasa 27 Juni 2023 di Hotel New Oktaria.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari workshop penyusunan draft nol rencana kontigensi gempa bumi dan tsunami 30 Mei- 1 Juni lalu.

Bacaan Lainnya

Dokumen Rencana Kontigensi Gempa Bumi dan Tsunami ini nantinya, akan dijadikan acuan dan membantu pemerintah daerah dalam menghadapi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Parigi Moutong, Idran ST M.PW dalam sambutanya mengatakan, pihaknya berharap dalam penyusunan draf semua data yang dibutuhkan bisa terpenuhi dan mendekati sempurna.

“Data yang digunakan benar, sehingga dokumen ini menjadi standar untuk Parigi Moutong. Dokumen ini akan menjadi milik daerah karena rangkaian kegiatan kontigensi ini menjadi bagian dari kontigensi se-Indonesia,” ujar Idran.

Sementara itu, Analis Bencana, Diannita Agustinawati SE MM dari Direktorat Kesiapsiagaan Kedeputian Bidang Pencegahan BNPB mengatakan, setelah dilakukan finalisasi maka tahap selanjutnya yaitu semiloka dan sosialisasi.

Kata dia, ini merupakan Program Indonesia Disaster Resielence Initiatives Project (IDRIP) untuk 30 Kabupaten/Kota di Indonesia. Di Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong dan Donggala yang terpilih menjadi sasaran program.  

Penyusunan dokumen ini dipandu fasilitator nasional Sigit Purwanto dan Moch.Ronggo Dinoyo, dengan melibatkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) BPBD, OPD, sejumlah Instansi lembaga terkait, organisasi masyarakat, akademisi dan media masa.

Dokumen ini nantinya akan dilengkapi, peta bahaya, peta wilayah terdampak peta jalur dan titik evakuasi dan peta operasi penanganan kedaruratan.

Untuk diketahui di Parigi Moutong terdapat tiga sesar yakni sesar Tomini, sesar Tokararu dan Sesar Sausu. Pada dokumen rencana kontigensi Gempa Bumi dan Tsunami yang saat ini disusun, mengambil wilayah terdampak dari sesar Tokararu di Kecamatan Parigi Selatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *